Cara Ternak Ikan Cupang Di Ember

 cara ternak ikan cupang di ember


Cara ternak ikan cupang di ember


    Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat digemari di Indonesia. Penampilannya yang cantik membuat banyak orang ingin memegang ikan yang satu ini. Mengingat tingginya animo masyarakat, membuka usaha budidaya ikan cupang di rumah merupakan ide bisnis yang menjanjikan untuk dicoba.


Sebelum kita terjun ke dunia budidaya, sebaiknya kita mengenal ikan ini terlebih dahulu.

Mengenal Ikan Cupang

ikan cupang

    Ikan cupang merupakan salah satu spesies ikan yang hidup di air tawar. Salah satu keunikan dan keindahannya adalah ekornya yang berbentuk kipas. Ikan ini hidup di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam dan Brunei Darussalam.Ikan cupang biasanya hidup di daerah yang arusnya tenang, seperti rawa, sungai, dan danau. Selain itu, cara ternak ikan cupang di ember, ikan cupang juga dikenal agresif dalam mempertahankan wilayahnya, sehingga tidak jarang orang membeli ikan cupang untuk mengikuti kompetisi. Dengan perawatan yang tepat, ikan cupang dapat hidup 3 hingga 5 tahun dan berukuran hingga 7 cm. Setelah pemijahan, cupang betina bisa menghasilkan 10 sampai 40 telur.


    Setelah kita mengetahui semua tentang cara ternak ikan cupang di ember ikan yang satu ini, yuk langsung saja kita bahas cara budidaya ikan bedengan dirumah.

Cara Budidaya Ikan Cupang


1. Memilih indukan untuk budidaya ikan cupang

Pemilihan indukan ikan cupang


    Cara pertama memilih indukan untuk budidaya ikan cupang ini sangat penting agar Anda bisa membedakan ikan cupang jantan dan betina sebagai berikut:

  • Jantan: Lincah, dengan ekor dan sirip halus, warna cerah dan bentuk tubuh lebih besar.
  • Betina: Lamban, sirip dan ekor lebih pendek, warna kusam, dan bentuk tubuh lebih kecil.


2. Proses pemijahan

proses pemijahan


    Anda perlu memastikan bahwa proses pemijahan indukan jantan dan betina berada dalam fase matang gonad atau siap kawin.
Berikut ciri-ciri indukan yang siap proses pemijahan :

Jantan

  • Berusia minimal 4-8 bulan
  • Bentuk tubuh panjang
  • Warnanya cerah dan menarik, dan siripnya panjang
  • Gerakannya gesit dan agresif

Betina

  • Berusia minimal 3-4 bulan
  • Bentuk tubuh membulat dan perut agak menggembung
  • Warnanya kusam dan tidak menarik serta sirip pendek
  • Gerak lambat

3. Siapkan Tempat

Cara ternak ikan cupang di ember


    Tempat pemijahan ikan cupang siapkan tempat untuk kawin tidak harus berupa akuarium. Disini kita gunakan adalah ember sebagai cara ternak ikan cupang di ember artikel. Cara ini sangatlah mudah untuk kita lakukan, bagaimana tidak ? sebuah ember pasti ada dirumah kalian untuk cara ternak ikan cupang di ember.
Sediakan juga gelas plastik untuk ikan cupang betina. Terakhir, siapkan tanaman air seperti kiambang.


4. Masukkan ikan cupang jantan yang telah siap kawin

cupang kawin


    Untuk membuat gelembung-gelembung udara yang akan digunakan untuk menyimpan para telur yang sudah dibuahi. Pada saat ikan cupang jantan membuat sarang telur, perlihatkan ikan cupang jantan ke betina. Proses ini memerlukan waktu 24 jam atau 1 hari, jika ikan cupang jantan dan betina sudah pernah dibreed sebelumnya, maka tidak perlu diperlihatkan satu sama lain, Jika belum lakukan proses ini. Proses tersebut membutuhkan waktu selama satu hari bahkan bisa sampe dua hari, tergantung tingkat birahi ikan cupang jantan itu sendiri.


5. Masukkan indukan betina

perkawinan cupang


    Jika ikan cupang jantan terlihat gelembung udara sudah siap, masukkan indukan betina. Pemijahan ikan cupang biasanya terjadi mulai pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif jadi biarkan ikan cupang ditempat yang tenang agar tidak terganggu. Usahakan carikan tempat tersendiri untuk pemijahan ikan cupang ini, supaya saat masukkan indukan betina bertemu cupang jantan bisa kawin dengan maksimal dan CROOOTT !!!! aaahhh......


6. Pengangkatan Cupang Betina

pemisahan ikan betina


    Satu hari telah berlalu, saatnya untuk melihat hasil proses cara tenak ikan cupang di ember kawin ikan cupang. Ditahap ini yang membuat kita gembira atau sedih, karena disini menentukan hasil perkawinan mereka. Jika setelah melihat gelembung tidak ada berbuah telur, jangan bersedih ini mungkin ujian, kita tunggu keesokan harinya. Dua hari telah berlalu, saatnya melihat lagi hasil perkawinan ikan cupang. Pastikan gelembung dipenuhi oleh telur cupang betina yang dibuahi oleh cupang jantan. Maka pengangkatan cupang betina bisa dilakukan, supaya yang merawat dan menjaga telur cupang jantan. Jika masih bingung dengan pertanda telur dibuahi apa tidak, lihat disini untuk mengikuti proses budidaya ikan cupang.


7. Penetasan Telur Sampai Burayak



    Setelah 1-2 hari para telur akan menetas, mereka tidak perlu diberi makan selama 3-4 hari.Biarkan penetasan telur sampai burayak, di urus oleh cupang jantan. Karena naluri cara ternak ikan cupang di ember ikan cupang untuk merawat telur ikan cupang hingga menetas bukanlah pada ikan cupang betina,melainkan ikan cupang jantan. Cukup berilah kutu air dengan jumlah yang sedikit agar tidak terlalu banyak dan membuat kotor air dalam wadah ember. Atau bisa gunakan pakan yang kecil sekaligus untuk burayak ikan cupang, supaya meraka para burayak cupang bisa makan dan tumbuh hidup. Disarankan penetasan telur sampai burayak untuk pakan para burayak ini adalah artemia, yang bisa dibeli di toko online, jika tempat breed jauh dan sulit mencari artemia.


8. Pemilihan Anakan Cupang, Antara Jantan dan Betina

ikan cupang jantan cupang betina


    Akhirnya, ini adalah tahapan yang sangat menggembirakan bagi breeder ikan cupang. Ditahapan ini kita bisa pemilihan anakan cupang berdasarkan kelamin mereka. Ciri-ciri ikan cupang jantan dan betina bisa dilihat disini bagi yang belum mengetahui. Perlu diingat, cara ternak ikan cupang di ember bahwa pemilihan anakan cupang, harus berusia 1-2 bulan. Jika usia anakan cupang belum 1-2 bulan, usahakan jangan dulu untuk pemilihan anakan cupang antara jantan dan betina, karena mereka masih belum bisa hidup mandiri.


Proses Grooming Anakan (opsional)

    Proses grooming anakan, biasanya dilakukan untuk supaya anakan ikan cupang bisa bertumbuh dengan maksimal. Cara grooming cupang memerlukan ember untuk digunakan untuk 1 ekor ikan cupang. Tidak heran kalau proses ini memakan tempat dan ember untuk pertumbuhan ikan cupang.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang cara ternak ikan cupang di ember.
Semoga bisa menjadi manfaat bagi pembaca artikel ini. Cara ternak ikan cupang di ember memang mengaksikan bukan ? hehehehe


WASAALAM

Untuk informasi anda:

    Ikan cupang bisa menghasilkan hingga 1.000 telur ikan cupang dalam satu proses kawin. Setelah pembuahan, telur menetas dalam waktu 24 jam. Menurut pengalaman para penggiat budidaya ikan cupang, angka kematian akibat pembenihan ikan cupang cukup tinggi. Dalam perkawinan, ikan bedengan yang bisa dipanen biasanya mencapai 30-50 ekor. Indukan jantan dapat kawin sebanyak 8 kali dalam interval 2-3 minggu, sedangkan indukan betina hanya disarankan untuk kawin hanya sekali. Jika indukan betina dipasangkan secara paksa maka keberagaman jenis kelamin akan berkurang pada perkawinan berikutnya. Akibatnya induk didominasi oleh betina.



LihatTutupKomentar

Postingan Populer